Aroma 'Lezat' yang Bisa Tahan Nafsu Makan ~ Kosmopolitan News
Home » » Aroma 'Lezat' yang Bisa Tahan Nafsu Makan

Aroma 'Lezat' yang Bisa Tahan Nafsu Makan

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Banyak cara untuk menekan selera makan yang berlebihan, salah satunya lewat terapi aroma. Pertanyaannya, aroma seperti apa yang bisa mengurangi keinginan untuk terus mengunyah makanan?

Menurut Alan Hirsch, pendiri Smell and Taste Treatment and Research Foundation, aroma paling efektif menekan selera makan adalah vanilla. Alan menjelaskan, menghirup sesuatu beraroma 'creamy' -seperti vanilla dan es krim- bisa mengurangi keinginan makan makanan lezat.

"Aroma vanilla bisa membuat otak berpikir Anda telah makan lebih banyak dari porsi makanan yang sebenarnya," jelas Alan, seperti dikutip dari health.

Menghirup aroma vanilla sebelum memakan sesuatu yang lezat, bisa mengurangi nafsu makan besar lebih cepat. Sehingga Anda akan merasa agak kenyang dan cenderung mengambil porsi makan lebih sedikit.

Rumah Sakit Umum St. George di London, telah membuktikan kebenarannya dengan melakukan percobaan pada 200 responden yang berat badannya berlebih. Mereka dibagi dalam beberapa grup. Salah satu grup ditempeli koyo dengan aroma vanilla, sementara grup lainnya ada yang diberi koyo wangi lemon dan tidak memakai koyo.

Dalam masa percobaan satu bulan, grup yang memakai koyo vanilla bisa mengurangi berat badan lebih banyak dibandingkan grup lainnya, seperti dilansir livestrong. Jika selera makan Anda tak terkendali dan ingin mengatasinya, coba tuangkan sedikit minyak esensial vanilla pada sapu tangan atau tisu lalu hirup beberapa menit sebelum makan.

(hst/eny

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts